Komunikasi dalam Jaringan Komputer

Jaringan pada komputer merupakan hal yang sangatlah lumrah pada era sekarang ini. Hampir setiap orang sudah memiliki sebuah smartphone yang dapat berkomunikasi dengan smartphone lainnya. Dengan kata lain, ada sebuah jaringan yang menghubungkan dua device tersebut sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.
Istilah komunikasi dalam jaringan komputer mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan komputer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu ini biasa disebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.

Dalam membangun sebuah jaringan, anda dapat mempelajarinya tanpa harus memiliki setiap komponen atau alat yang diperlukan untuk membangun jaringan itu sendiri. Karena untuk membangun sebuah jaringan kita membutuhkan berbagai komponen. Beberapa komponen yang paling seringkali dibutuhkan adalah Router, Switch, dan Hub. Oleh karena itu, untuk memudahkan kita dalam mempelajari jaringan, terdapat berbagai perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan sebuah simulasi pemetaan jaringan, salah satunya adalah Cisco Packet Tracer. Pada software ini, anda dapat melakukan simulasi komunikasi antar komputer atau device lainnya dalam sebuah jaringan. Berikut adalah beberapa gambaran dari tampilan Cisco Packet Tracer 7.2.



Splash Screen Cisco Packet Tracer 7.2
Splash Screen Cisco Packet Tracer 7.2


Workspace Cisco Packet Tracer 7.2
Workspace Cisco Packet Tracer 7.2


Berikut adalah salah satu contoh simulasi dari komunikasi antar tiga buah komputer yang dapat dianggap berada pada tiga buah jaringan yang berbeda.


Simulasi Cisco Packet Tracer
Pada gambar simulasi diatas, terdapat beberapa device, yaitu:
  • 3 buah Router
  • 3 buah komputer
  • 2 buah kabel Serial
  • 3 buah kabel UTP

Dalam software ini, kita dapat mengatur berbagai opsi yang telah disediakan dengan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan jaringan yang akan dibangun. Pada simulasi dibawah ini, setiap komputer saling memberikan dan menerima pesan dari komputer lainnya dengan asumsi bahwa ketiga komputer berada pada jaringan yang berbeda karena masing-masing terhubung pada sebuah router yang artinya anda perlu melakukan routing pada setiap router.



Contoh Simulasi pada Cisco Packet Tracer


Sementara mungkin hanya itu gambaran yang dapat saya bagikan, apabila anda tertarik untuk mempelajari software ini, anda dapat mencari berbagai tutorial online mengenai aplikasi ini atau bisa langsung kunjungi dan daftar pada Official Cisco Network Academy di netacad.com.

Comments